Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Kisah Nama Kapal Latih TNI AL KRI Dewaruci

16 Jan Posted by in Sejarah | 1 comment
Kisah Nama Kapal Latih TNI AL KRI Dewaruci
 

Sebagian besar filsafat Jawa mengikuti kisah kepahlawanan Hindu yaitu Ramayana dan Mahabarata yang berasal dari India. Kisah kepahlawanan ini selalu mengisahkan kebaikan dan kejahatan dari manusia dan ini di jadikan sebagai pedoman hidup dalam mengarungi kehidupan.

Walapun demikian orang Jawa juga mempunyai versi sendiri tentang kisah kepahlawan ini dan diceritakan menurut kebiasaan mereka. Salah satu dari banyak kisah tersebut adalah tokoh Dewaruci yang sering ditampilkan dalam pertunjukan kesenian Wayang kulit.

Dewaruci adalah dewa kejujuran dan keberanian. Cerita ini mengisahkan tentang falsafah hidup yang mendalam, dimana sifat dan karakter yang baik diperankan oleh Bima atau Bratasena, saudara kedua Pandawa Lima dari kerajaan Amarta sedangkan sepupu Bima dari kerajaan Astina mempunyai seratus saudara kurawa yang memiliki sifat jahat. Kurawa selalu iri kepada Pandawa karena selalu mengalahkan mereka dalam segala hal. Diantara keluarga Pandawa dan Kurawa ini memiliki seorang Guru ( orang yang mempunyai peran sebagai penasehat agama dan juga sebagai guru) yaitu Pendeta Dorna.

Sejak Dorna tinggal di Astina, Kurawa mempunyai pengaruh yang lebih kuat dari pada Pandawa, dan oleh karena Bima selalu mengupayakan kebaikan untuk seluruh umat manusia, Kurawa meminta Guru Dorna memberi tugas yang mustahil kepada Bima untuk mencari “Tirta Amerta” yaitu Air Kehidupan.

bima dewa ruci by *garang76

bima dewa ruci by *garang76

Karena ketaatannya, dan selalu patuh kepada Sang Guru (Pandita Dorna), Bima mulai mencari “Tirta Amarta”. Dalam petualangannya, Bima bertarung melawan Raksasa yang bernama Rukmana dan Rukmakala dan dapat dikalahkan. Kemudian Bima menuju dasar laut dan bertarung melawan Naga raksasa, keletihan dan keraguan menghinggapinya, saat itulah Bima melihat Dewaruci dan bercerita bahwa dia diperintah Sang Guru untuk mencari “Tirta Amarta”. Untuk mendapatkannya, Dewaruci memerintahkan Bima masuk ke dalam raganya yang kecil bila dibandingkan dengan badan Bima.

Akhirnya di dalam raga Dewaruci, Bima menemukan kebenaran sebagaimana Dewaruci itu sendiri. Dewaruci sebenarnya adalah penjelmaan dari Sang Hyang Wenang, Dewa yang paling tinggi tingkatannya.Dalam upayanya mencari kebenaran, Bima harus melewati banyak rintangan atau halangan, tapi berkat ketabahan dan keberaniannya, akhirnya Bima mendapatkan apa yang dia cari.Dengan menggunakan nama Dewaruci sebagai nama kapal latih TNI AL, diharapkan para Awak kapal dan Cadet mewarisi sifat dan karakter seperti Bima.

Sumber : http://kridewaruci.blogspot.com/2008/10/kisah-nama-dewaruci.html

Related Posts

  1. Sejarah Pembuatan KRI Dewaruci04-07-14

    KRI Dewaruci memang keren, dan tidak heran jadi salah satu kebanggaan Indonesia

Leave a Reply