Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

MISTERI BATU MUSTIKA KELAPA

19 May Posted by in Keanehan Dunia | 53 comments
MISTERI BATU MUSTIKA KELAPA
 

Kisah kejadian tadi siang membuat rasa penasaran dan membuat saya mencari data mengenai batu yang bernama mustika kelapa.

Seseorang tua menawarkan ke saya karena butuh makan, dengan mengganti sebuah batok kelapa yang didalam ada batu – yang menurutnya – yakni batu mustika kelapa. Sekilas saya pernah mendengar jenis batu tersebut, sampe sekarang masih penasaran apa asli atau tidak tapi yang saya coba memang itu berjenis batu, makanya saya coba iseng browsing apa sih yg membuat semua orang tertarik mengenai batu mustika itu di kalangan pecinta batu…maka dapatlah cerita mengenai batu mustika kelapa tersebut.

Inilah cerita batu mustika kelapa yg dicari para kalangan pebisnis terutama pebisnis makanan katanya.

MISTERI BATU MUSTIKA KELAPABatu mustika kelapa yang mirip dengan  kentos kelapa berukuran mini banyak dibahas di Google dengan topik Mustika Kelapa . Topik ini sangat menarik untuk diangkat mengingat  akhir-akhir ini banyak orang berkeliaran  menawarkan batu  mustika kelapa tersebut. Embel-embel ceritanya sangat beragam, ada yang konon didapat berkat petunjuk dalam mimpi, ada yang warisan dari kakek atau ayahnya kakek, ada yang  dapat beli dari seorang tua yang kebetulan berpapasan di jalan, dan bahkan ada yang langsung nyomot sendiri dari dalam kelapa yang dibelah. Kalau kita simak artikel-artikel di Google, harga yang dipatok untuk sebutir mustika kelapa berkisar  dari  mulai Rp 2 juta , Rp 5 juta , Rp 20 juta , Rp 32 juta , dan bahkan  sampai Rp 350 juta ( opo ora huebaat – -  ). Khasiatnya konon untuk membuat makanan tidak basi/ busuk sehingga  sangat dianjurkan untuk dimiliki oleh  para pebisnis  catering.

Sehubungan dengan batu mustika kelapa tersebut, beberapa hari yang lalu, secara berturut-turut,  mang Okim kedatangan dua grup tamu . Grup pertama minta dibuatkan sertifikat , dan grup kedua memperkenalkannya  ke mang Okim. Untuk grup pertama, alhamdulilah tidak ada masalah, tetapi untuk grup kedua, mang Okim dibikin terheran-heran karena mereka membawa sebutir kelapa betulan yang telah dibelah. Kelapa tersebut yang tampaknya baru dikeluarkan dari kulkas, mengandung sebutir mustika kelapa  yang tertanam di bagian “mata” nya ( gambar 1 ). Tamu mang Okim membawa juga  2 butir mustika kelapa dan 2 butir mustika buah pala.  Dengan alasan  untuk ditunjukkan kepada para peminat, maka mang Okim  mendapatkan izin  untuk memotretnya.

Mustika  kelapa asli ataukah rekayasa ?

Tadinya mang Okim mengira bahwa batu mustika kelapa yang warnanya putih seperti susu itu ( gambar 2 )  adalah milky quartz ( SiO2 ) yang kekerasannya 7 skala Mohs dan berat jenisnya sekitar 2,65. Tetapi hasil pemeriksaan mang Okim menunjukkan nilai kekerasan   kurang dari  4 skala Mohs , dan  berat jenis 2,84 . Yang lebih mengherankan lagi, mustika kelapa tersebut bereaksi dengan asam HCl. Dengan demikian maka tak terbantahkan lagi bahwa batu mustika kelapa tersebut adalah sejenis batuan karbonat  ( CaCO3 ). Pertanyaannya kini, apakah mungkin bahwa mustika kelapa tersebut tumbuh dalam air kelapa yang tersusun dari air 95,5 % , nitrogen 0,05 %, asam fosfat 0,56 %, kalium 0,25 %, kalsium oksida 0,69 %, magnesium oksida 0,59 %, dan sedikit besi dan gula ? Tentunya hal ini sangat tepat kalau dijawab oleh ahli kimia .

Selain dari hal di atas, pada gambar 3 terlihat  bagaimana kentos kelapa yang kekerasannya sekitar 3 skala Mohs itu , dengan dinding yang mengandung jalur-jalur vertical,  tertanam dalam daging kelapa yang begitu lunak. Bagaimana ceritanya sampai tercipta jalur-jalur tersebut ?  Untuk mengobati rasa penasaran, mang Okim periksa jalur-jalur tersebut dengan loupe 10 x, demikian juga bagian permukaan yang halus. Disinilah mang Okim lihat garis-garis pengerjaan gurinda dan ampelas yang khas. Dengan bukti-bukti ini maka yakinlah mang Okim bahwa batu mustika kelapa tersebut adalah  karya seni dari seorang seniman batu. Apakah bukti ini dapat men-generalisir bahwa seluruh batu mustika kelapa yang beredar di Indonesia adalah hasil rekayasa ?  Tentunya bukan itulah maksud mang Okim mengangkat kisah ini karena konon menurut cerita,  ada juga batu mustika kelapa beneran di P. Nias ,  Sumatera Barat, dan di beberapa tempat lainnya  ( perlu dibuktikan ).

Sebagai penutup mang Okim berharap semoga kisah ini dapat menambah wawasan rekan-rekan Gem-Lovers sehingga akan lebih waspada kalau mendapatkan tawaran  batu mustika kelapa. Bagi yang kantongnya tebal seperti bang Gayus, tentulah tak ada masalah , tetapi bagi yang kantongnya pas-pasan – – -  pastilah akan menyesal .

LAMPIRAN GAMBAR :

GAMBAR 1

Gambar 1: Batu mustika kelapa yang masih nempel di daging kelapanya.  Empat butir mustika terdiri atas 2 mustika kelapa ( no.2 dan 4 dari kiri ), sedangkan 2 lainnya adalah mustika buah pala.

GAMBAR 2

Gambar 2 : Inilah yang disebut batu mustika kelapa dengan pentil di bagian atas dan jalur vertical di bagian samping. Di  permukaan yang halus terlihat bekas-bekas pengerjaan gurinda dan ampelas.

GAMBAR 3

Gambar 3 : Batu mustika kelapa yang masih nempel dalam daging kelapanya ( di bagian mata kelapa ). Perhatikan hubungan jalur-jalur vertical dari mustika kelapa yang keras dan daging kelapa yang lunak.

Sumber : http://gemafia.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=103:misteri-batu-mustika-kelapa&catid=39:todaynews&Itemid=93

Related Posts

  1. iding syahidin11-02-11

    saya memiliki mustika kelapa lebih dari satu bagi yang minat silahkan sms ke no 08122089398

    • thumb02-21-12

      saya juga memiliki batu mustika kelapa itu.

      kalau ada yg berminat silahkan hubungi email saya….

      terimakasih

  2. w11-27-11

    sy punya asli masih dalam kelapanya yg sdh tua dan menciut hampir sebesar buah apel….dan tdk pernah sy belah kelapanya. kala digoyang2 ada suara ..seolah benda bulat di dalamya..bergelotak2….sy juga belum terpikir untuk dijual…karena memang sepertinya membawa rejeki…bukan musyrik…tp setiap benda punya fungsi masing2

  3. sapto nugroho12-03-11

    kami juga sangat prihatin dengan mustika kelapa dengan bentuk dan model lucu-lucu di tawarkan di internet.
    keluarga kami memiliki mustika kelapa natural. yang kami simpan untuk kenang-kenangan. untuk melihat foto bisa di lihat di jualsamberlilin.blogspot.com mustika tidak kami jual, cuma sebagai pengetahuan kelainan alam ini.

  4. eyangcrb12-16-11

    saya juga mendapatkan batu mustika kelapa ini,dimana saya bisa mengecek secara ilmiah?

  5. dodi12-29-11

    saya punya sepasang batu kelapa asli,boleh di test, didalamnya ada ghodam wanita kembar, yang berminat di 08153030939

  6. nick monick01-16-12

    saya juga mendapatkan batu mustika kelapa ini,dimana saya bisa mengecek secara ilmiah?

  7. Satria jagad01-17-12

    mantap gambar nya pak…salam sukses selalu ya….

  8. satria jagad02-18-12

    Detail sekali ulasan tulisan mas,sangat membantu teman2 yang butuh berbagai informasi nya..di tunggu kunjungan balik nya yah ke toko saya

    http://www.batu-mustika.indonetwork.co.id/batu-mustika-kelapa-asli

  9. Agus02-20-12

    saya memiliki dua pasang (satu batok kelapa dua butir mustika)ukurannya sangat unik cocok buat mata kalung dan mata cicin(sepasang)di jamin 100% asli bagi yg berminat Hub no.081340210022.Manado

  10. Prabu04-09-12

    Saya punya batu mustika kelapa yg usianya sdh lebih dari 50 thn pemberian (alm) orang tua, sdh diuji keasliannya Insya Allah tidak kecewa, berminat hub 081210250759

  11. eddy05-22-12

    saya memiliki satu pasang mustika kelapa jantan dan betina (satu batok kelapa dua butir mustika)ukurannya sangat unik.tapi di bilang sama kakek saya jangan pernah di jual.kalau ada yg mau lihat hub ke imail saya (yamahaeedo@yahoo.com)

  12. Keysan05-29-12

    Ane punya dua sebesar kepalan anak, bagi yg berminat silakan hub ane di 08561775532

  13. juragan07-26-12

    ngecek asli atau tidaknya mustika kelapa mudah kok ambil santan murni kelapa kira-kira satu gelas masukkan batu mustika kelapa ke dalamnya kemudian simpan sampai 24jam kalau santannya tidak busuk atau basi berarti batunya asli kalau punya saya bisa nyampe satu minggu tidak basi subhanallah. beda santan yang tidak pake mustika kelapa dalam waktu 10 jam baunya sudah berubah , jangan di beli batu mustika sebelum di tes sendiri karena banyak barang palsu kalau sudah di tes silahkan beli dengan harga tinggi karena barang asli susah untuk di jumpai.

  14. dwikalisno09-29-12

    saya punya mustika kelapa dijamin asli bg yg berminat tlp 081320339392

  15. hanya10-09-12

    Tertarik juga saya dengan barang ini, sayang banyak yang ngaku-ngaku punya barangnya tapi meragukan keasliannya… apalagi sampai bawa-bawa nama embah-embah segala…!

  16. Nizmah10-29-12

    saya memiliki sepasang batu kelapa (laki dan perempuan),batu tsb ymasih di dalam kelapa yang terbelah.
    Siapa yang berminat bisa hub saya 081265233052.

  17. Nizmah10-29-12

    saya memiliki sepasang batu kelapa (laki dan perempuan), batu tsb masih di dalam kelapa yang terbalah.
    Siapa yang berminat bisa hub saya 081265233052.

  18. halomoan.purba12-30-12

    saya pedagang kelapa,dan saya punya batu mustika kelapa asli yg saya temukan sendiri dlm kelapa,,hub 081218039682

  19. fauzi01-18-13

    saya punya batu kelapa kembar masih utuh didalam kelapa bila berminat hub saya 087898333343

  20. bodat02-07-13

    saya punya batu krikil d rumah…
    saya hargai hanya 10 jta saja, bagi yg minat bisa krm k email saya..

  21. mustika kelapa02-10-13

    saya punya batu kali..batu bata dan segala batu untuk di jual hrga /ember 10,000 rupiah jika minat hubungi saya 081213544777
    garansi uang kembali jika bukan batu alami, bisa di test di t4. thks

  22. irda citrawati02-18-13

    saya punya dua batu kelapa berminat hubungi 087868691375

  23. mulia02-22-13

    saya mempunyai batu mutiara kelapa asli..
    dijamin asli jika berminat hubungi saya
    085360209748

  24. mulia02-22-13

    saya mempunyai sepasang mutiara kelapa ( jantan dan perempuan )
    saya orang medan..
    nama : mulia
    085360209748
    jika berminat hubungi segera

  25. henny03-15-13

    Saya punya batu mustika kelapa 1 pasang Ўª♌g berminat hub.081270978268

  26. Quro04-16-13

    Ass…Saya mempunyai 2 Butir Mustika Batu Kelapa,yg Berminat kirim e-mail, Boleh di Tes dulu….
    (SERANG-BANTEN) panggilan Saya Asep Quro.

  27. harefa.d04-17-13

    sy asli dr pulau Nias.
    seminggu yg lalu ayah sy meninggal dan sy mengambil cincin suasanya (katanya tdk boleh di daur dgn emas) yg bermata mustika kelapa kata ibu sy. sy penasaran hingga sy ketemu blog ini, lumayan brmanfaat. tks.
    bentuk punya sy halus mulus tdk brgurat dan tdk ada tonjolan.
    jk harganya smpai ratusa jt, sy bisa pikirkan.
    0853 5553 2244

  28. galung05-19-13

    memang benar apa yg disampaikan teman kita, untuk tes batu tsb masukan dlm santan diamkan dlm waktu 2 x 24 jam, jika tdak busuk atau basi santanya “asli” klu basi/busuk “tdk asli” dan ambil batu tersebut dan rasakan permukaan dari batu tsb, apakah permukaannya halus licin/kasar, jika halus maka itu asli batu, jika kasar seperti batu kapur itu asli mustika “secara teori jika batu dimasukan kedalam santan batu tidak berpengaruh/rusak klu mustika ia akan habis terkikis krn ia adalah inti dari daging kelapa yang mengeras, dan itulah sebabnya santan yg digunakan untuk tes tidak mengalami pembusukan atau basi. demikianlah pencerahan sy, dan hati-hati jgn sampai tergelincir kedalam kemusyrikan

  29. riski06-12-13

    saya punya mustika ombak minat hubungi 081317100699 ok

  30. imanuel lee07-01-13

    saya punya 1 pasang yg mau hubungi no 085278665008. di jamin asli. bisa di buktikan , alsi dari kelapa yg di belah dua …dan di temukan batu kelapa kembar. mahar. 100 jt ,mahar bisa berubah sewaktu waktu , daerah pekan baru kota bapak dedy sihotang.

  31. lutfi07-04-13

    ni saya punya batu mustika kelapa asli dari dalam kelapa ada yang mau nawar brapa???
    ni nomer saya 089637672023 kalau ada yang minat saya dari daerah cirebon

  32. wiwin07-13-13

    saya punya mustika kelapa asli,berminat hubungi 081901315188
    area pekanbaru

  33. budi07-16-13

    saya punya 1 mustika kelapa asli,,
    minat hub 082169820854

  34. iim08-13-13

    saya jual baatu belah,seplit,sirdam,secrop,makadam, dan abu batu. rata2 per truck 6,5 kubik harga 600.000 lokasi bojonegara minat hub ya 087888894541

  35. Una08-14-13

    Saya juga memiliki satu buah Batu Mustika Kelapa Asli. Yang saya dapatkan dari seorang nenek2 sedang berjalan menghampiri saya dan menjual Batu tersebut kepada saya.
    jika berminat hubungi email saya.

  36. hotman08-25-13

    saya punya batu kelapa,dijamin asli..sumpah saya gak bohongbagi yg berminat hubungi saya081376120802..

  37. hotman08-25-13

    batu kelapa,dijamin asli..sumpah saya gak bohongbagi yg berminat hubungi saya081376120802..

  38. bambang11-04-13

    Ƨȃγα pnya sepasang jika minat hub Ƨȃγα : 087871676237

  39. ratna11-14-13

    saya mempunyai mustika kelapa 2buah(sepasang) yang berminat hubungi saya085265985382

  40. Simarmata12-12-13

    Terimakasih ats infonya sy mau coba dulu soalnya batu kelapa ni tahun 80an sudah ada disimpan org tua sy ,,asli atau tdk sy coba cek dulu skali lagi terimakasih ats infonya

  41. ifasalojapo12-20-13

    saya punya 2mustika kelapa, bagi yang minat hub : 085347999517

  42. hendro jhoni12-26-13

    mustika kelapa jantan betina asli bagi yang berminat hubungi saya di no hp 085375005629 (Bukittinggi)

  43. boyboy01-16-14

    sya punya mustika kelapa peninggalan ayah saya. ceritanya mustika tersebut didapat almarhum ayah saya sekitar tahun 1980 sewaktu ditugaskan di P.Nias diberikan oleh seorang penduduk satu desa karena pada waktu itu ayah saya mengawasi pengerjaan pembukaan jalan baru yang melintasi desa tersebut. mustika tersebut disimpan dgn cara dibalut dgn tissue dan ada beberapa butir beras ketan hitam, yang pesan dari si empunya mustika itu adalah ‘makanan’ utk mustika tsb. dan ibu saya mengatakan dulu waktu diberi kepada ayah saya mustika tersebut sangat kecil sekali dan ukurannya bertambah sedikit demi sedikit.
    saya baru tau kalo harganya bisa sampai ratusan juta rupiah.
    kalau ada yang berminat bisa hub.saya di 083167704896

  44. ERNA03-08-14

    Saya juga ada batu mustika kelapa sepasang dari seseorang, tapi apa asli nggak ya ???? mau di tes sesuai saran – saran yang ada…

  45. chiema03-29-14

    Sepasang batu kelapa ku, sdh di test fisik dan ghaib, yang tahu dan serius mau beli, silahkan hub.aku, dan boleh membawa teman atau ahli spiritual paling hebat, untuk membuktikan sepasang batu kelapaku, asli / palsu, tapi bukan sekedar test…, punya niat dan uang untuk membelinya. 081310109088 (sms terlebih dahulu)

  46. saprin jusuf04-15-14

    Aku punya sepasang batu mustika kelapa,sdh test secara fisik,
    yang berminat hubungi nomor ini 085241965755 – 085757271214 atau lewat email- saprinjusuf@gmail.com
    “GORONTALO”

  47. lando05-06-14

    saya punya mustika kelapa yg warna y putih kekuning2an minat hub 081374688696 lokasi padang pariaman sumatera barat yg minat memaharkan y rp 350 juta

  48. edo05-07-14

    sy punya batu mustika ayam dan kelapa,mustika kelapa ini pemberian orang tetangga kost sya dulu sudah hampir 10 tahun yang lalu.dan batu mustika ayam sy pernah beternak ayam,pas kami potong kok ada batu didalam ayam itu kmi kaget dan penasaran tp batu itu tetap sy simpan.sampai sekarang sy ngak ngerti apa khasiat nya

  49. edo05-07-14

    mustika ayam dan kelapa bagai mana memastiin asli tidaknya,081384566273

  50. pad06-16-14

    Aq punya 1 asli blum prnah di tes krna ga tau kegunaannya..dpt di kmpung ayah sya..082354126185 from kal-teng

  51. Hasannudin08-13-14

    Saya punya batu mustika kelapa boleh di kasih paman,saya ngga tau asli atau bukan,di iket pake perak

  52. arman08-27-14

    saya punya satu mustika kelapa, tetapi mustika kelapa sampai sendiri masuk dalam rumah. Saya pikir telur cicak, tetapi…waktu saya pegang keras seperti batu. Mustika kelapa tersebut saya tau setelah beberapa orang yang memegang dan melihatnya, menyatakan bahwa benda tersebut adalah mustika kelapa.

    Apa faedah dan khasiat kandungannya saya belum tau, karena belum di tes.

Leave a Reply