Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

FENOMENA ALAM LA NINA INDONESIA 2010-2011 POTENSI BADAI DAN BANJIR

06 Oct Posted by in Keanehan Dunia | Comments
FENOMENA ALAM LA NINA INDONESIA 2010-2011 POTENSI BADAI DAN BANJIR
 

Fenomena Alam Terbaru La Nina akan mengancam Indonesia Sepanjang Tahun 2010-2011. Terjadinya badai hujan disertai fenomena alam angin puting beliung (lihat posting http://besteasyseo.blogspot.com/ terdahulu) yang cukup besar serta potensi banjir melanda seluruh wilayah tanah air akibat badai LaNina kemungkinan besar akan melanda Indonesia. Lihat juga video konflik fenomena kerusuhan Tarakan berujung perang suku etnis dan video youtube fenomena alam laut merah terbelah ala Nabi Musa.

Fenomena La Nina yang menjadi faktor dominan terjadinya musim hujan berkepanjangan tahun 2010 akan berlanjut hingga Juni 2011.

“Hujan yang terus menerus saat ini karena faktor La Nina terhadap iklim dan cuaca Indonesia, pengaruhnya akan terjadi hingga Juni 2011 mendatang. Musim kemarau 2011 diprediksi juga pendek, sekitar dua bulan,” kata Koordinator Peningkatan Kapasitas Riset Dewan Nasional Perubahan Iklim, Agus Supangkat di Kampus ITB Bandung, Jumat (24/9).

Menurut Agus, fenomena alam terbaru La Nina yang terjadi saat ini mengakibatkan hujan terus menerus pada bulan-bulan yang seharusnya musim kemarau yakni dari Mei hingga September 2010.

Padahal, pada September dalam musim yang normal merupakan musim transisi dari kemarau ke penghujan. Sehingga diperkirakan pengaruhnya cukup besar bagi curah hujan dalam beberapa bulan ke depan.

“Pada 2011 juga La Nina masih kuat, musim kemarau hanya akan terjadi pada Juli dan Agustus, setelah itu hujan lagi. Pengaruhnya merata di kawasan tropis, terutama di wilayah Asia,” kata Agus.

Ia menyebutkan, pengaruh La Nina merata di seluruh Indonesia. Hujan turun di mana-mana di Indonesia, termasuk di beberapa negara di Asia lainnya. http://besteasyseo.blogspot.com/

Siklus La Nina biasanya muncul 7-10 tahun sekali, namun dalam beberapa tahun terakhir muncul lebih awal. Fenomena itu, kata Agus, dipengaruhi oleh aliran sistem air dari Samudera Pasifik.

“Indonesia kebetulan terlewati aliran sistem air (arlindo) dari Pasifik ke Samudera Hindia, jadi itu sangat berpengaruh terhadap musim di Indonesia,” kata Agus Supangkat.

Sementara itu fenomena La Nina jelas membuat curah hujan cukup tinggi sehingga bagi kawasan rawan bencana banjir untuk tetap siaga.

fenomena alam, fenomena alam 2010, fenomena terbaru, fenomena alam terbaru, badai la nina mengguncang indonesia, dampak badai la nina, kumpulan foto badai lanina,  fenomena alam yang aneh 2010/2011

Related Posts

Leave a Reply