Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman AS

Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman AS
 

Sekilas jika kita membaca buku baru tentang Sundaland bagian dari indonesia ,apakah banjir saat zaman es yang mencair dan cerita dari buku tersebut ada sangkut pautnya dengan kisah dibawah ?yang jelas saat mendengarkan file rekaman gambar kurang lebih 60 menit yang ada juga bahasan 17-8-45 kesemuanya tertuang dalam bentuk stupa2 yang berbentuk piringan yang ada pada candi borobudur hanya waktu yang bisa menjawab nantinya.apakah zaman keemasan bangkit nya indonesia akan datang pada suatu masa nanti nya waktu jua yang dapat menjawabnya.

Membaca judul diatas, tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi, sebagai tanda ketidakpercayaannya. Bahkan, mungkin demikian pula dengan Anda. Sebab, Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman. Silahkan baca artikel di bawah ini yang kami himpun dari republika.co.id untuk lebih lengkapnya.

Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS.

Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Lalu, apa hubungannya dengan Sulaiman? Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu? Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya.

Namun, bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya, ahli matematika Islam itu akan menjawabnya; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa.

Dalam bukunya, Matematika Islam 3 (Republika, 2009), KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya. Tentu saja, banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman.

Di antara alasannya, karena Sulaiman hidup pada abad ke-10 SM, sedangkan Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi. Kemudian, menurut banyak pihak, peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina, dan Saba di Yaman Selatan, sedangkan Borobudur di Indonesia.

Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. Apalagi, KH Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya berdasarkan keterangan Alquran. Lalu, apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman?

Menurut Fahmi Basya, dan seperti yang penulis lihat melalui relief-relief yang ada, memang terdapat beberapa simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran. Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.

“Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman’.” (QS Al-Baqarah [2]: 248).

Kedua, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon.

Ketiga, para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

Keempat, Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

Kelima, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. “Jangankan burung, manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri,” katanya menjelaskan. Ditambahkan Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang.

Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata ‘Wana’ bermakna hutan. Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

Ketujuh, buah ‘maja’ yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya.  “Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.” (QS Saba [34]: 16).

Kedelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata ‘su’merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan ‘Su’.

Kesembilan, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. “Pergilah kamu dengan membawa suratku ini.” (QS An-Naml [27]: 28).  Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

Kesepuluh, bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. “Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman,” kata Fahmi menegaskan.

Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12), kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32), nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lainnya. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. Bagaimana dengan pembaca? Hanya Allah yang mengetahuinya. Wallahu A’lam.

Sumber :http://gokilonline.com/borobudur-peninggalan-nabi-sulaiman/

Related Posts

  1. xenocross10-30-10

    disini bantahannya
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5084288

    dibantai habis teori itu

    • Jono10-31-10

      wooow, sanggahan yang lengkap…makasih gan, kita pelajari bersama :D

      • dheq11-01-10

        kenapa harus saling membantai alibi masing2,alangkah baik nya biar duduk bersama dengan para ahli nya, klw treadnya sudah lama di baca malah jadi bahan perdebatan “karena alasan selalu benar”. yg kita pikirkan bersama kenapa bangsa luar selalu menekan bangsa indonesia, karena mereka mempelajari kalau bangsa indonesia akan menjadi besar yg di takuti karena salah satu peradaban bersejarah terbesar ada di indonesia

  2. lonthongdisayur11-21-10

    wahahahaha … sungguh hoax yang lucu
    hoax yang mengada ada dan sangan mudah dibantah
    negara kita memang termasuk negara miskin penelitian, jadi untuk hoax semacam ini banyak bertebaran dengan tujuan-tujuan tertentu …

  3. seno11-23-10

    betul..betul masuk akal Gan..tapi fakta yg jauh dari cukup

  4. idran11-29-10

    boleh…boleh teruskan sampai mentok gan

  5. bray12-06-10

    halo agan2 semua,,, kl emang peninggalan islam kenapa? kl bkn peninggalan islam kenapa? menurut ane, siapa yg membangun bkn yg terpenting, tp salah satu yg terpenting itu adalah apa makna2 simbol dr borobudur, kenapa borobudur dibikinnya begitu, kl udah tau makna simbol2nya, bisa engga kita jalanin simbolnya di kehidupan masing2…

  6. rioseto01-07-11

    terimakasih, artikelnya sudah mengilhami membuat posting baru yang samasekali tidak relevan dengan posting ini. salam, :D

  7. syarif hidayatullah01-08-11

    tolong di kaji lagi lebih dalam ,lebih dalam lagi dari yang sebelumnya,,,berfikir lah untuk kedepan,,jangan terus terlalu kebelakang yang akhirnya kita malah diam menunggu suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup
    tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai dan Karena
    keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan
    seseorang tidak selalu benar atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran., Al-quran adalah kalam-Nya bukan makhluk sedangkan perbuatan manusia adalah makhluk dan fitnah merupakan bid’ah. iqra baca

  8. rioseto01-10-11

    tulisan ini sanggup mengilhami untuk material posting di blog lho, lihat deh blog-2011: membubuhkan teks di gambar dengan irfanview.
    :D

  9. abdi01-17-11

    banyak orang pinter jadi banyak yang ngawur,,,,,,,ntar lama2 bisa ngaku menjadi nabi terakhir setelah nabi muhammad saking pinternya,,,,,sungguh terlalu
    kalau borobudur peninggalan nabi yang dari sleman apa KERA SAKTI G MARAH
    JKKKKKKKKKKKK

  10. abdi01-17-11

    okelah yang lain bisa d pas2in semua, tapi tidak bisa membuktikan bahwa banjir besar,,,,,tidak sama seperti aslinya di yaman ada bendungan yang jebol karna keserakahan orang2 yang kufur d zaman itu

  11. sahril01-27-11

    saya pribadi yakinkita tingal tunggu waktu yg than khndaki saja

    • dheQ01-28-11

      kita tidak bisa mengatakan itu benar dan tidak bisa mengatakan itu salah,semua benar perkataan sahril hanya waktu yg bisa menjawab semua rahasia allah apapun bisa yang dia lakukan

  12. dodol02-18-11

    sebentar lagi akan diklaim bahwa pentagon amrik adalah peninggalan muslim karena memakai ilmu matematika islam sholat 5 waktu tiang agama(pentagon kan bangunan 5 persegi)

    terus bahasa pemprograman JAVA adalah peninggalan nabi sulaiman karena berasal dari kata JAWA .

    dasar ilmu taqiyah kaum inferior complex!!

    heran kok bisa diangkat jadi pengajar di universitas??? gimana ya hasil lulusannya????

  13. cekong03-16-11

    SABAR<<<<<<,sabar,,
    kita tunggu bukti2 selanjutnya,,,
    kita membahas sejarah bukan berarti mundur,,
    tapi dari sejarah kita maju,,,
    hukum aja itu ada nilai historisnya yang menjadi dasrnya,,,jd kita ikuti sj beritanya,,,
    tolong pelajari sejarah para nabi,,,
    g semua nabi itu bangun masjid,,,
    sebelum rasulullah itu kan cara beribadahnya tidak seperti kita shalat,,,intinya sabar

  14. adi banzar04-14-11

    entah lh,argumen2 kh.fahmi basya masuk akal.. Yg gak masuk akal itu cerita2 dongeng dri negeri ini,.sejarah2 yg gak jelas.. Mgkin org2 senengx sejarah kt dkaitkan dgn dewa2,kera sakti,nyai ro2 kidul,atau apalah.. Bodoh

    • Jono04-18-11

      memang banyak yg gak masuk akal…tapi kita sama2 ga tau :p gimana ya enaknya

  15. al-mahdi07-20-11

    argument dari pak fahmi basya sangat masuk akal,, gw mau jelasin bwat loe2 yang beragama islam and yg non Islam juga,,pertama islam itu agama yg ada sejak nabi Adam, tp seperti kaligrapi,, shalat,, bangunan masjid and yg berbau2 islam sekarang tuh adanya d jaman nabi muhamad S.A.w karena sebelum nabi muhammad saw, dr jaman nabi adam sampai isya hanya d ajarkan Tauhid kepada umatnya, sedangkan pada jaman nabi muhammad saw d sempurnakan dengan ajaran pikih, yaitu perintah shalat yg melalui isra Mi’raj. jadi BANGunan Borobudur tidak ber arsitek lyaknya tempat peribadatan umat islam karena pd masa nabi sulaiman,,dan borobudur sendiri tidak berbentuk seperti wihara tempat peribadatan umat budha juga Khan?? yg jd argument bahwa candi borobuder peninggalan agama budha yaitu bentuk patung yg mirif gerakan Lingkaran Buddha,, padahal jauh berbeda,, perbedaannya itu teletak dr telapak tangan,, lihat deh,, walaupun gambarnya klihatan mirip tp gerakan tangannya sangat jauh berbeda,, jd tolong deh jangan terlalu kayak Orang tua jaman dulu selalu Patuh Ama Yg namanya DONGENG,,,,, di sini pak fahmi basya secara gamblang dan penuh argument yg sdangat tepat,,, jd pernyataan2 beliau jangan d selewengkan,,,., jd yg gk nyambung bukan nya argument pak fahmi basya,, melinkan kalian sendiri yg gk ngerti yg di paksa bwat ngebantah….

  16. mahadi09-09-11

    nek coyo…

  17. Andrew10-07-11

    Teori yang sangat2 tidak masuk akal.

    Islam melarang adanya bentuk2 yang menyerupai hewan dan manusia (patung dan gambar) dan di Borobudur jelas2 bertebaran banyak relief dan patung. Patungnya pun patung Sidharta Gautama dalam posisi mudra.

    Kok bisa2nya dibilang peninggalan Kanjeng Nabi Sulaiman????

    • dheQ10-12-11

      itu tergantung pemahaman masing2 orgnya utk meyakini dan memaknai,dan setiap orang pasti punya keyakinan masing2 ,semoga menjadi rahmatan lil allamin..terima kasih

    • el gato negro07-18-13

      Nabi Sulaiman tidak membawa ajaran Islam, yang membawa ajaran Islam itu Nabi Muhammad SAW, demikian jd halnya dgn nabi2 yg lain spt Nabi Isa AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Daud AS,

  18. lumen02-10-12

    buat para muslim, jangan terlalau mendokrin, sesuatu yang belum jelas, tidak pantas dibicarakan,
    anda bisa menyebut cerita dalam relief, bodoh, konyol, dan anda tidak sadar betapa sombongnya anda.
    bagaimana respon anda,jika semua jejak peninggalan muslim di klaim sebagai peninggalan jejak lain ?
    “sesungguhnya Tuhan tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”

    • el gato negro07-18-13

      itu jejak peninggalan Nabi Sulaiman bukan peninggalan Islam, Nabi Sulaiman memang satu dari banyak nabi yg diturunkan Allah utk ummatnya dan juga satu dari 25 nabi yg wajib dikenal, cthnya aja Nabi Isa adalah yg membawa agama Keristen dgn kitab sucinya Injil

  19. olik05-01-12

    KALAU ORANG YANG BIJAKSANA , JANGAN MENYALAH KAN HASIL TEMUAN, KARENA ITU MERUPAKAN PETUNJUK DAN TANDA-TANDA DARI ALQUR”AN , MUSLIM TIDAK INGIN MENGUASAI, AKAN TETAPI SEKEDAR INFORMASI MAKA SELIDIKI DAN PELAJARI KEMBALI AKAN KEBENARAN, THANKS

  20. Nur02-18-13

    Borobudur Sebagai Warisan Nabi Sulaiman.Penelitian ini dilakukan oleh Ahli Matematika, maka ini merupakan tantangan bagi Arkheolog & Ahli Sejarah…. Perlunya kita bersjukur bila Nabi Sulaiman pernah hidup di tanah Jawa. Berarti kita bangsa Indonesia memang bangsa yang besar….

  21. pudingboy05-08-13

    Liberalisasi islam…

  22. sanipan06-22-13

    Kalo bikin tlsan itu yg kira2 dong jngan mentang2 ahli matematika jadi sak penake dewe, klo kta mau melek kehidupan sulaiman itu abad brpa, dan candi borobudur itu brdri pd abad brpa ?itu aja kok repot. apa ada manusia hidupnya smpai 900th

  23. bams09-21-13

    yuk kita kesana bareng …selidiki petunjuknya

Leave a Reply

  1. Blog 2011: Membubuhkan Teks di Gambar dengan Irfanview « rioseto's blog01-07-11